Enter your keyword

FTTM ITB KEMBALI SELENGGARAKAN KONFERENSI INTERNASIONAL ICGERE 2023

FTTM ITB KEMBALI SELENGGARAKAN KONFERENSI INTERNASIONAL ICGERE 2023

Rabu, 16 Agustus 2023. Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) Institut Teknologi Bandung (ITB) telah menyelenggarakan kegiatan konferensi internasional “5th International Conference on Geoscience and Earth Resources Engineering (ICGERE)”. Kegiatan ini telah berlangsung pada tanggal 9-10 Agustus 2023 yang bertempat di The Jayakarta Suites Bandung.

Kegiatan yang diketuai oleh Dr.mont. Ir. Andy Yahya Al Hakim, S.T., M.T. dengan tema “Geosciences and Earth Resources Engineering for Sustainable Future” ini diikuti oleh 92 authors (penulis) dengan rincian 68 authors membuat paper yang akan dipresentasikan oral dan 24 authors membuat paper yang disajikan dalam bentuk poster. Bagi paper yang dipresentasikan secara oral, dipresentasikan secara langsung melalui video/by record atau datang pada hari-H acara yaitu pada tanggal 9-10 Agustus 2023 di The Jayakarta Suites Bandung.

Kegiatan ini dimulai dengan opening oleh MC kemudian dilanjut dengan sambutan dari ketua pelaksana ICGERE 2023 yaitu Dr.mont. Ir. Andy Yahya Al Hakim, S.T., M.T. dan sambutan dari Dekan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM) yaitu Prof. Ir. Ridho Kresna Wattimena, M.T., Ph.D. lalu dilanjutkan dengan Plenary Session dan Parallel Session. Plenary Session yaitu kegiatan yang diisi oleh Keynote Speakers dari dalam negeri maupun luar negeri. Parallel Session yaitu kegiatan mempresentasikan hasil paper yang telah dibuat oleh peserta baik secara oral maupun poster.

Selain itu, pada acara ini juga menghadirkan 9 orang keynote speakers baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Berikut merupakan nama-nama pembicara diantaranya sebagai berikut:

  • Ir. Tutuka Ariadji, M.Sc., Ph.D., IPU – Bandung Institute of Technology, Indonesia (Oil and Gas Potential and its Contribution to Indonesia’s Transition Energy)
  • Kun Sang Lee – Hanyang University, South Korea (Techno-Economic Analysis of Dimethyl Ether (DME) – enhanced CO2WaterAlternatingGas Process)
  • Yiqiang Li – China University of Petroleum, China (Progress of Chemical Enhanced Oil Recovery Technique in China and Polymer Flooding Design in Daqing Oil Field)
  • Ignatius Sonny Winardhie, Ph.D. – Bandung Institute of Technology, Indonesia (Seismic-Based Petrophysical Property Estimation for Reservoir Characterization)
  • Nicholas Rawlinson – Cambridge University, United Kingdom (Melt Migration within the Icelandic Crust)
  • Masoud Babaei – University of Manchester, United Kingdom (CO2 Plume Geothermal (CPG): Importance of Considering Non-Oversimplified Geology)
  • Ir. Edy Sanwani, M.T. – Bandung Institute of Technology, Indonesia (Development of Primary Tin Ore Processing for Tin Production Sustainability in Indonesia)
  • Nenny Miryani Saptadji, Ph.D. – Bandung Institute of Technology, Indonesia (Geotehrmal Reservoir Management for Sustainable Future)
  • Eng. Iwan Setiawan, M.T. – Head of Research Centre for Geological Resources of BRIN, Indonesia (Granite Petrology and Potential IAT REE deposits of Bangka Belitung (tentative))
  • Tegar Giri Ksatria, S.T. – Underground Mine Engineer, LKAB Sweden (Kiruna Mine Long-Term Planning Using Deswik Sheduler)

Antusias peserta pun sangat baik terlihat dari banyaknya peserta yang hadir dan mengikuti rangkaian kegiatan ini dari awal hingga akhir acara, begitupun interaksi antara peserta presentasi maupun pembicara dengan audiensi yang melontarkan pertanyaan saat acara konferensi ini berlangsung.

 

Penulis : 12120122 – Saumi Maharany  (Teknik Pertambangan)

No Comments

Post a Comment

Your email address will not be published.

X